PROFIL DISTANKAN
Diposting tanggal : 31 Mei 2010

 

DINAS PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA MEDAN

DASAR PEMBENTUKAN SKPD :

PERATURAN DAERAH KOTA MEDAN NO.3 TAHUN 2009

ALAMAT  :   JL. KERAMAT INDAH NO.4 SELAMBO KECAMATAN MEDAN DENAI - MEDAN

 

Berdasarkan RENSTRA 2016-2021

 

VISI DAN MISI

DINAS PERTANIAN DAN PERIKANAN

KOTA MEDAN

 

V I S I

Terwujudnya Pertanian Perkotaan yang Berdaya Saing, Mewujudkan Beragam Pangan Sehat, dan Produk Bernilai Tambah Tinggi Berbasis Sumberdaya Lokal untuk Pangan yang ASUH, dan Kesejahteraan Petani.

 

Makna dari visi tersebut adalah :

ü  Berdaya Saing, yaitu memiliki kemampuan serta kapasitas untuk berkompetisi secara sehat, memiliki produktivitas yang tinggi, memiliki akses-akses produk yang luas, sekaligus mampu mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari pemberlakuan pasar bebas ASEAN dan kecenderungan liberalisasi perdagangan pada masa yang akan datang.

ü  Pangan yang Asuh, yaitu melakukan pengawasan peredaran produk-produk pertanian, peternakan, dan perikanan yang aman, sehat, utuh,dan halal.

ü  Produk Bernilai Tambah Tinggi, Menciptakan produk pertanian yang mensejahterakan pelaku/petani, mendorong dihasilkannya aneka produk segar, produk olahan, produk turunan, produk samping, produk ikutan dan limbah.

ü  Sumberdaya Lokal, Mengoptimalkan pemanfaatan keunggulan kompetitif dan komparatif wilayah dan komoditas, meningkatkan efisiensi.

ü  Kesejahteraan Petani, Petani dan keluarganya mampu hidup layak dari lahan dan usaha yang digelutinya.

 

 

M I S I

 

  1. Meningkatkan efisiensi melalui deregulasi dan debirokratisasi sekaligus penciptaan iklim investasi yang semakin kondusif termasuk pengembangan kreativitas dan inovasi daerah guna meningkatkan kemampuan kompetitif serta komparatif daerah.
  2. Mendorong peningkatan kesempatan kerja, pendapatan masyarakat, melalui peningkatan taraf pendidikan dan kesehatan masyarakat secara merata dan berkeadilan.