Agar bawang Bombay tak mudah busuk

Sebagai salah satu bumbu masakan yang memiliki rasa khas dan mampu membuat masakan semakin sedap,  bawang bombay menjadi salah satu bumbu yang selalu ada di dapur.sayangnya bawang bombay tak seperti bawang merah atau bawang putih yang awet dan tetap segar saat disimpan dalam waktu lama. Bawang bombay yang memiliki ukuran lebih besar dari bawang lainnya itu ternyata merupakan bawang yang mudah busuk dan rusak. kalaupun tidak busuk, bawang bombay rentan menjadi kering dan rasanya cenderung pahit saat dimasak. bahkan sering kali menjadi alot danrasanya tidak sesedap masih segar.Apalagi jika tidak menyimpannya di dalam lemari pendingin. Namun jangan khawatir berikut tips menyimpan bawang ombay agar tidak mudah busuk, rusak dan alot:

  1. Tips pertama untuk menyimpan bawang bombay agar tetap segar, tidak mudah busuk dan tidak layu adalah dengan membungkusnya ke dalam plastik bersih kedap udara lalu memasukkannyake dalam lemari pendingin.
  2. Atau simpan bawang bombay di tempat yang kering dan sejuk diruangan terbuka yang bersih. penyimpanan di ruangan terbuka yang bersih ini akan membuat bawang bombay bertahan kira-kira 1 minggu. hindari kulit bawang bombay terkena air sebelum disimpan karena hal ini akan mempercepat pembusukan dan rusaknya bawang. sebagai catatan, bawang bombay akan bertahan lama jika tidak dibelah atau dipotong sebelumnya. Kalau anda sudah terlanjur memotong bawang bombay, disarankan agar segera memakai bawang bombay tersebut untuk bumbu masakan.pisahkan bawang bombay yang sudah dipotong dengan bawang bombay yang masih utuh saat menyimpannya.

Sumber : Medan Bisnis, 5 Juni 2016

Administrator Artikel Senin, 2016-06-06, 11:57:51 WIB 0 Komentar

Komentar (0)

<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Tinggalkan Komentar